top of page
Search
  • Writer's pictureRizky Ismail

Mengenal 2 Jenis Ambeien dari Cirinya

Berkah Sehat Dari Alam - Secara umum, ambeien terbagi menjadi 2 jenis, yaitu ambeien dalam dan ambeien luar. Perbedaan yang utama dari kedua jenis ambeien tersebut adalah letak terbentuknya ambeien. Apa saja ciri-cirinya? Mari simak ulasan berikut.


Ambeien atau wasir merupakan keluhan yang umum terjadi. Penyakit dengan nama lain hemorrhoid ini ditandai dengan munculnya benjolan pada anus yang bisa disertai nyeri atau gatal pada anus, serta perdarahan saat BAB. Gejala dan tanda yang muncul bisa sedikit berbeda, tergantung pada jenis ambeien yang dialami.


Jenis Ambeien dan Ciri-Cirinya


Ambeien terjadi ketika pembuluh darah di usus besar bagian akhir (rektum) dan dubur atau anus membengkak. Berdasarkan lokasi dan gejala yang ditimbulkan, ambeien terbagi menjadi 2 jenis, yaitu:


Ambeien dalam (internal hemorrhoid)


Disebut demikian karena pembengkakan yang terjadi berada di dalam anus, tepatnya di liang rektum. Umumnya, ambeien dalam tidak menimbulkan keluhan sakit karena di liang rektum tidak banyak terdapat saraf.


Pada ambeien ini, benjolan mungkin tidak terasa dan tidak terlihat dari luar anus, sehingga jarang menimbulkan keluhan. Ambeien dalam juga dapat sembuh dengan sendirinya.


Ini merupakan jenis ambeien ringan dan biasanya baru terdeteksi ketika ada darah yang keluar dari anus saat BAB. Gejala ambeien dalam yang lain adalah gatal dan nyeri pada anus. Gejala ini biasanya baru muncul ketika ambeien dalam menjadi semakin besar.


Ambeien luar (external hemorrhoid)


Pada jenis ambeien ini, lokasi pembengkakannya berada di luar rektum atau lebih tepatnya di sekitar lubang anus. Orang yang mengalami ambeien luar dapat mengeluhkan beberapa gejala, seperti:


  • Rasa perih dan panas di sekitar anus

  • Gatal pada anus

  • Adanya benjolan atau pembengkakan di sekitar anus

  • BAB berdarah


Dari gejalanya, ambeien luar terasa lebih nyeri dan sering kali membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Hal ini karena pembuluh darah yang mengalami pembengkakan berada di bawah kulit sekitar anus, di mana ada lebih banyak saraf di area tersebut.



Jenis ambeien dalam dan luar belum terlalu parah umumnya masih bisa ditangani dengan perawatan rumahan, seperti:


  • Menerapkan pola makan sehat.

  • Mengonsumsi lebih banyak makanan berserat.

  • Memperbanyak minum air putih.

  • Tidak duduk terlalu lama.

  • Rutin berolahraga.

  • Tidak menunda untuk BAB dan sebisa mungkin hindari mengejan terlalu kuat saat BAB.


Selain dengan cara-cara di atas, ambeien juga bisa diatasi dengan mengonsumsi obat ambeien atau menggunakan salep wasir yang dioleskan pada dubur.


Sedangkan ambeien yang sudah parah memerlukan tindakan medis berupa operasi, yaitu prosedur mengeluarkan gumpalan darah yang ada pada benjolan wasir.


Selain itu, operasi pengangkatan wasir juga biasanya diperlukan jika benjolan ambeien berukuran besar atau ketika jenis ambeien dalam dan luar terjadi secara bersamaan.

12 views0 comments

Recent Posts

See All
Post: Blog2_Post
bottom of page