Search
  • Rizky Ismail

11 Manfaat Lada Hitam Bagi Kesehatan yang Didukung Sains

Lada hitam adalah salah satu rempah yang paling umum digunakan di seluruh dunia.


Itu dibuat dengan menggiling merica, yang merupakan buah kering dari tanaman merambat Piper nigrum .


Ini memiliki rasa tajam dan agak pedas yang cocok dengan banyak hidangan.


Tapi lada hitam lebih dari sekedar bahan pokok dapur. Ini telah dianggap sebagai "raja rempah-rempah" dan digunakan dalam pengobatan Ayurveda kuno selama ribuan tahun karena konsentrasi tinggi senyawa tanaman yang ampuh dan bermanfaat.



Berikut adalah 11 manfaat kesehatan lada hitam yang didukung sains.


1. Tinggi antioksidan


Lada hitam kaya akan antioksidan kuat yang disebut piperin, yang dapat membantu mencegah kerusakan radikal bebas pada sel Anda.


2. Memiliki sifat anti inflamasi


Lada hitam mengandung senyawa aktif yang telah terbukti mengurangi peradangan pada hewan. Namun, masih belum jelas apakah itu memiliki efek yang sama pada manusia.


3. Mungkin bermanfaat bagi otak Anda


Ekstrak lada hitam telah memperbaiki gejala penyakit otak degeneratif pada penelitian hewan, tetapi penelitian pada manusia diperlukan untuk memverifikasi hasil ini.


4. Dapat meningkatkan kontrol gula darah


Ekstrak lada hitam dapat meningkatkan kontrol gula darah, tetapi diperlukan lebih banyak penelitian.


5. Dapat menurunkan kadar kolesterol


Lada hitam telah menunjukkan efek penurun kolesterol dalam penelitian hewan pengerat dan diyakini dapat meningkatkan penyerapan suplemen penurun kolesterol yang potensial.


6. Mungkin memiliki sifat melawan kanker


Lada hitam mengandung senyawa aktif yang memperlambat replikasi sel kanker dan menyebabkan kematian sel kanker dalam penelitian tabung reaksi. Namun, efek ini belum dipelajari pada manusia.


7. Meningkatkan penyerapan nutrisi


Lada hitam dapat meningkatkan penyerapan nutrisi penting seperti kalsium dan selenium, serta beberapa senyawa tanaman bermanfaat, seperti yang ditemukan dalam teh hijau dan kunyit.


8. Dapat meningkatkan kesehatan usus


Susunan bakteri usus Anda telah dikaitkan dengan fungsi kekebalan, suasana hati, penyakit kronis, dan banyak lagi. Penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa lada hitam dapat meningkatkan bakteri baik di usus Anda.


9. Mungkin menawarkan pereda nyeri


Meskipun belum dipelajari pada manusia, penelitian pada hewan pengerat menunjukkan bahwa piperin dalam lada hitam mungkin merupakan pereda nyeri alami.


10. Dapat menurunkan nafsu makan


Dalam sebuah penelitian kecil, 16 orang dewasa melaporkan nafsu makan berkurang setelah minum minuman berbasis lada hitam dibandingkan dengan air berasa. Namun, penelitian lain tidak menunjukkan efek yang sama .


11. Bumbu serbaguna


Lada hitam memiliki panas yang lembut dan rasa yang kuat yang membuatnya menjadi tambahan yang lezat untuk hampir semua hidangan.


Baca Juga: 10 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan yang Sudah Terbukti
14 views0 comments

Recent Posts

See All